Layanan Sirkulasi

Layanan sirkulasi merupakan layanan peminjaman dan pengembalian untuk koleksi tercetak di perpustakaan. Koleksi tercetak yang bisa dipinjam terdiri dari Koleksi Umum dan Fiksi. Berikut merupakan prosedur dalam melakukan peminjaman, perpanjangan dan pengembalian koleksi di Perpustakaan Politeknik LPP :

Prosedur Peminjaman Koleksi

Pemustaka datang ke perpustakaan --> Mengisi daftar hadir --> Mengambil kunci loker --> Memasukan tas keloker--> mencari koleksi secara mandiri melalui OPAC --> mengambil koleksi yang dibutuhkan.

Aturan Peminjaman Koleksi

 

Koleksi yang bisa dipinjam adalah koleksi Buku Umum dan Koleksi Fiksi, untuk Koleksi referensi (seperti handbook, kamus, Ensiklopedia, dll) koleksi tugas akhir dan laporan PKL hanya bisa dibaca ditempat saja karena jumlah eksemplarnya sedikit dan susah didapatkan.

Peminjaman maksimal 3 buku untuk mahasiswa selama satu minggu dan dapat di perpanjang sampai 2 kali perpanjangan. Terkecuali saat mahasiswa PKL peminjaman akan diperpanjang sampai PKL selesai.

 

Peminjaman untuk karyawan dan dosen maksimal 6 buku dengan tempo 3 minggu dan bisa diperpanjang sebanyak satu kali.

 

Peminjaman buku hanya diperbolehkan dengan KTM sendiri tidak diperbolehkan meminjam buku dengan menggunakan KTM temannya/diwakilkan.

 

Setiap peminjaman akan diberikan waktu jatuh tempo, saat jatuh tempo diharapkan mengembalikan sesuai waktu yang ditentukan/ diperpanjang peminjaman secara online melalui group. Jika terlambat mengembalikan/ perpanjang peminjaman perhari akan dikenakan denda Rp 500,00 perbuku terkecuali karyawan dan dosen tidak dikenakan denda keterlambatan.

Prosedur Perpanjangan Peminjaman Koleksi

Prosedur perpanjangan peminjaman buku dilakukan melalui via watshapp atau sms ke nomor 089652947884 bagi yang sudah masuk group bisa melakukan perpanjangan buku melalui group perpustakaan. setelah melakukan pemberitahuan perpanjangan peminjaman maka pustakawan akan memperpanjang peminjaman koleksi dan memberitahukan jatuh tempo koleksi tersebut.

 

Perpanjangan melalui whatsapp dan sms dapat dilakukan pada jam kerja senin-jumat wib diluar waktu tersebut perpanjangan buku akan dilakukan pada keesokan harinya. Note: Hari libur dan hari besar nasional tidak perlu dilakukan perpanjangan buku karena tidak terhitung denda, peminjaman selalu jatuh tempo pada hari kerja/ senin-jumat.

Prosedur Pengembalian Koleksi

Pemustaka datang ke perpustakaan membawa koleksi yang dipinjam dan menunjukkan KTM/Kartu Identitas. Pengembalian koleksi tidak boleh diwakilkan dengan orang lain.

 

Admin akan mengecek sejarah peminjaman, dan mengecek kondisi buku yang dipinjam, bila ada kerusakan dan ada denda keterlambatan peminjaman tersebut.

 

Mahasiswa selesai mengembalikan dan boleh meminjam kembali dengan maksimal kuota yang telah ditentukan.

Prosedur Layanan Sirkulasi Peminjaman & Pengembalian Koleksi Cetak Selama Covid 19  Dapat diakses di Halaman Berikut ini :

© 2023 by HEAD OF THE CLASS. Proudly created with Wix.com

  • w-facebook
  • Twitter Clean